Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kamis, 21 Juni 2012

Apa itu Blog ?

Blog merupakan singkatan dari Weblog yang merupakan terminologi untuk menjelaskan website atau situs berisi informasi yang tersaji secara kronologis. Sebuah blog senantiasa diupdate secara teratur, dan blog merupakan website yang mendukung komentar/tanggapan pembaca dan selalu menyajikan link ke website/artikel lain.
Blog bisa berisi topik yang bersifat personal ataupun politik, dari topik yang simple sampai yang global. Kebanyakan blog berfokus pada topik tertentu, misalnya adsense, seo, atau olah raga.
Secara umum blog memiliki ciri sebagai berikut:
  1. Area utama berisi artikel yang tersaji secara kronologis. Dapat juga diorganisasikan berdasarkan kategori tertentu.
  2. Arsip dari artikel lama.
  3. Tersedia fasilitas untuk memberi komentar bagi pengunjung.
  4. Tersedia link ke website yang relevan ( sering disebut sebagai blogroll).
  5. Tersedia satu atau lebih feeds misalnya RSS, Atom atau file RDF.
Isi Dari Blog ( Content ). Sebuah blog, berisi artikel (sering juga disebut posts atau entries) yang ditulis oleh author. Dan memang, beberapa blog memiliki beberapa author, masing-masing menulis artikel yang berbeda.
Komentar ( Comments ). Sebuah website akan lebih menarik jika bersifat interaktif. Bukankah menarik jika pengunjung dapat memberi komentar , atau tip, atau masukkan terhadap sebuah artikel yang dibacanya? Dengan blog, hal itu bisa dilakukan. Melakukan posting komentar merupakan fitur menarik dari blog.
Hampir semua software blog mempunyai metode yang menungkinkan pengunjung untuk memberi komentar. Terdapat cara lain untuk memberi komentar tanpa mengunjungi sebuah website yaitu dengan pingbacks atau trackbacks.
Apa Perbedaan Blog dan CMS?
Software yang menyediakan metode untuk memanage sebuah website disebut sebagai sebuah CMS atau “Content Management System”. Software blogging bisa dimasukkan sebagai tipe khusus dari CMS. Tersedia fasilitas untuk me-maintain blog, dapat mem-publis artikel semudah menulisnya, bahkan mengorganisir kedalam satu atau kategori.
WordPress merupakan salah satu software blog yang menyediakan banyak fitur. Melalui Administration Panel, you can set options for the behavior and presentation of your weblog. Anda bisa dengan mudah menulis blog post, klik publish dan artikel anda dengan segera tersedia di internet.

Beberapa terminologi seputar Blog.

Archives. Sebuah blog dapat digunakan untuk menyimpan track/histori dari artikel kita. Tersedia sistem arsip baik, bulanan maupun tahunan. Dapat pula disedian kalender untuk menghubungkan dengan arsip terkait. Arsip dapat pula dikategorisasi.
Feeds. Feed merupakan fungsi dari software khusus yang memungkinkan sebuah Feedreaders untuk secara automatis mengakses artikel baru dari suatu website lain.
Blogrolls. Blogroll merupakan list/daftar, mungkin juga berupa kategori, yang berisi link ke website lain yang menarik. Biasanya berisi link ke website dengan topik yang sama atau topiknya masih relevan.
Syndication
Untuk membaca feed digunakan tool yang biasa disebut feedreaders. Misalnya feedburner.
Komentar
Salah satu fitur yang menarik dalam blogging adalah kita dapat memberi komentar. Beberapa terminologi yang berkaitan dengan komentar adalah:
  1. Trackbacks
  2. Pingbacks
  3. Verifying Pingbacks and Trackbacks
  4. Comment Moderation
  5. Comment Spam
Trackbacks. TrackBack didisain untuk memberi kemudahan dalam notifikasi antar website: misalnya:
  • si-A menulis satu artikel di blognya.
  • si-B ingin memberi komentar tentang artikel si-A, tetapi si-B ingin pembaca blog si-B tahu apa yang ia tulis tentang si-A, dengan berkomentar di blog si-B
  • B menulis artikel di blognya si-B dan mengirim trackback ke blognya si-A
  • si-A menerima trackback, dan tampil sebagai komentar di artikel si-A. Komentar ini berisi juga link pada artikel si-B
Pingbacks. Pingbacks berlaku mirip trackback, dengan pingback, software blog si-B secara otomatis mengirim notifikasi bahwa artikel di blog si-A telah di link oleh artikel si-B. Terdapat 3 (tiga) perbedaan antara pingbacks dan trackbacks, yaitu:
  1. Pingbacks dan trackbacks menggunakan teknologi komunikasi yang berbeda( Pingbacks menggunakan XML-RPC dan trackback menggunakan HTTP POST).
  2. Pingbacks auto-discovery yaitu akan mencari link dalam post dan akan berusaha untuk melakukan pingback link tersebut, sedangkan trackbacks harus dilakukan manual.
  3. Pingbacks tidak mengirim isi artikel.
Pingbacks adalah sebuah remote comments:
  1. si-A menulis artikel diblog si-A.
  2. si-B menulis artikel diblog si-B, dan menambah link ke artikel si-A. Blog si-B otomatis mengirim pingback ke si-A, dengan syarat kedua blog tersebut mendukung pingback enabled.
  3. Blog si-A’s menerima pingback, dan otomatis mengirim ke artikel si-B mengkonfirmasi bahwa pingback diterima.
Beberapa Tip nge-Blog

Memulai nge-Blog tidak sulit tapi tidak mudah, banyak yang nge-blog tapi tidak ada pengunjung atau yang memberi komentar dan menyerah ditengah jalan. Untuk itu ada beberapa tip, yaitu:
  1. Buat artikel secara teratur, tetapi jangan asal tulis, harus yang baik.
  2. Konsentasilah pada topik yang spesifik.
  3. Jangan letakkan subscribe atau vote me pada halaman utama, berkesan sombong.
  4. Gunakan konsep KIS ( Keep It Simple ) baik pada theme maupun tulisan, harus padat namun tidak berkesan bertele.
  5. Bersenang2 lah, nge-blog untuk kesengan, beri komentar pada blog orang lain ( mudah2an mereke juga mengunjungi blog anda).

0 comments:

Posting Komentar