Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jumat, 29 Juni 2012

Penyebab Komputer menjadi Lambat

Siapa yang tak kesal bila komputer yang kita gunakan menjadi lemot (lambat). Semua pekerjaan dan aktivitas yang sedang kita lakukan di komputer menjadi terhambat. Ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan, diantara nya:

1. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall.

Install lah software/aplikasi yang dibutuhkan saja. Meskipun software tersebut tidak sedang berjalan, akan tetapi software yang kita install akan selalu menambah entry data register kita, sehingga ukuran register komputer kita semakin besar.

2. Kurangnya kapasitas Memory (RAM)

Cek kapasitas RAM yang kita gunakan. Karena setiap kita akan menginstall aplikasi atau pun system operasi, spesifikasi minimasl RAM sangat berpengaruh. Jalan terbaiknya kita upgrade memory RAM kita.

3. Adanya Spyware, malware atau virus di komputer kita.

Install lah anti virus atau anti-spyware yang senantiasa update, dan kita hanya perlu memilih-milih mana yang tidak banyak menggunkan resource komputer kita.

4. Kapasitas HDD yang sudah penuh / berumur.

Hapuslah software-software yang tidak penting atau segeralah ganti HDD atau upgrade HDD kita.

5. Banyaknya aplikasi yang berjalan setelah start-up.

Salah satunya automatic scanning setelah start-up, nonaktifkan saja fasilitas ini karena dapat memberatkan kinerja komputer.

6.  Overheating pada hardware.

Umumnya terjadi pada HDD, Vga card, processor, atau CPU yang dapat menyebabkan menurunnya kinerja pada komputer kita, selain itu pastikan sirkulasi udara pada komputer berjalan dengan baik, dan bersihkan fan komputer secara berkala.

7. Pemilihan software yang tidak tepat.

Perhatikanlah spesifikasi software yang akan kita install pada komputer mendukung atau tidak. Dan gunakanlah software yang kita butuhkan.

8. Adanya konflik antar aplikasi.

Hal ini biasa kita jumpai, sering kali kita menginstall dua aplikasi yang memiliki kategori yang sama yang dapat menyebabkan kinerja komputer kita menjadi lambat.

0 comments:

Posting Komentar