Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

17 Desember 2024

Kodim 1306/Kota Palu Laksanakan Survey Internal dan Eksternal atas Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2024

 


Survei Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik dalam hal ini adalah Kodim 1306/Kota Palu yang juga menyelenggarakan Pelayanan khususnya Bidang Fungsi Pertahanan.

 

Adapun Tujuan diadakannya pengukuran kepuasan adalah untuk mendapatkan umpan-balik atas kualitas pelayanan yang telah dilakukan penyelenggara pelayanan. Melalui survei kepuasan, masyarakat didorong untuk memberikan partisipasi sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan agar terjadi peningkatan atau perbaikan kualitas pelayanan dengan melakukan inovasi-inovasi pelayanan atas masalah yang disampaikan masyarakat dan konsumen saat survei kepuasan.

 

Dalam konteks pelayanan publik, pengukuran kepuasan masyarakat telah dimandatkan kepada penyelenggara pelayanan publik melalui Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik bahwa penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya membangun sistem yang adil, transparan dan akuntabel. Survei kepuasan diatur secara teknis pelaksanaan survei tersebut ke dalam Peraturan Menteri PAN-RB No. 16/2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik. Permenpan-RB No. 16/2014 kemudian disempurnakan melalui Permenpan-RB No. 14/2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit kerja Penyelenggara Pelayanan Publik.

 

Pelaksanaan survei dilakukan satu kali dalam satu tahun secara online dengan responden di seluruh Wilayah Provinsi Sulteng selama 5 hari mulai tanggal 18 November 2024 dan selesai pada 22 November 2024, dengan tanggapan yang masuk mencapai 1.021. Jika ditinjau dari katagori pendidikan, responden didominasi dengan tingkat pendidikan SMA sebesar 692 responden, S1 172 responden, SMP  84 responden, SD 20 responden, S2 11 responden, Tidak Sekolah 40 orang dan S3 2 orang.

 

Berdasarkan hasil analisa pada hasil pengukuran terhadap Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Publik Kodim 1306/Kota Palu dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum kualitas unsur pelayanan publik dipersepsikan Sangat Baik dengan Indeks Kepuasan Masyarakat 81,3.

 

Angka tersebut menunjukkan penerima pelayanan Kodim 1306/Kota Palu Sangat Puas atas pelayanan yang diberikan. Dokumen laporan hasil Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayananan yang dilakukan oleh Kodim 1306/Kota Palu pada tahun 2024.

 

0 comments:

Posting Komentar