Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kamis, 17 Desember 2020

KODIM 1306/DONGGALA LAKSANAKAN KARYA BHAKTI PERINGATI HARI INFANTERI TAHUN 2020

 

Kodim 1306/Donggala melaksanakan Karya Bhakti dalam rangka memperingati Hari INFANTERI yang ke 72 yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2020 dengan tema “Infanteri Profesional Kuat Bersama Rakyat” kegiatan tersebut dilaksanakan di 2 (dua) tempat yaitu Taman Makam Pahlawan Tatura Palu (TMP) dan seputaran Pantai Talise Kota Palu. Rabu (16/12/20).


Hari Juang Kartika TNI-AD adalah khusus diperingati untuk mengenang pertempuran Ambarawa. Sebelumnya bernama Hari Infanteri. Hal ini terkait peristiwa Jenderal Soedirman sebagai pemimpin pasukan menegaskan perlunya mengusir tentara sekutu dari Ambarawa secepat mungkin. Sebab sekutu akan menjadikan Ambarawa sebagai basis kekuatan untuk merebut Jawa Tengah. Dengan Semboyan ‘Rawe-rawe rantas malang-malang putung, patah tumbuh hilang berganti’. Pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) memiliki tekad bulat membebaskan Ambarawa atau dengan pilihan lain gugur di pangkuan ibu Pertiwi.


Pertempuran berakhir dengan kemenangan gemilang dari benteng pertahanan sekutu yang tangguh berhasil direbut pasukan TKR. Kemenangan pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 dan keberhasilan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini kemudian diabadikan dalam bentuk monument Palagan Ambarawa. TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Juang Kartika.

 

0 comments:

Posting Komentar