Comment

Rangkuman Ilmu Pengetahuan

Sabtu, 28 Juli 2012

Profil US NAVY SEAL

Unit Tentara khusus untuk regu darat, laut, dan udara milik Amerika Serikat, gabungan dari semua unsur tersebut, dikenal dengan Navy SEALs, adalah Pasukan Elite yang dibentuk secara khusus sebagai prinsip utama Pasukan Navy AS. Merupakan bagian dari Komando Perang Khusus Naval (the Naval Special Warfare Command), dan juga komponen regu maritim AS; Komando Operasi militer Khusus AS (the United States Special Operations Command- US-SOCOM).
Singkatan tersebut (Navy SEALs) adalah berasal dari bentukan spesialisasi mereka baik di darat, laut, dan juga udara. Dalam memerangi aksi teror, Pasukan SEALs telah dipersenjatai dengan peralatan dan senjata super canggih untuk mendukung operasional mereka di lapangan. Termasuk aksi penumpasan langsung, penyelamatan sandera, Anti-Teror, pengintaian dan penyusupan khusus, perang luar biasa, dan oerasi pertahanan keamanan didalam maupun di luar negeri.

Fungsi Utama US Navy SEALs:
  1. Perang luar biasa (Unconventional War)
  2. Pertahanan dalam dan luar negeri
  3. Aksi penyerbuan langsung
  4. Anti-Teror
  5. Pengintaian khusus

SEAL adalah singkatan dari Sea, Air dan Land (laut, udara dan darat) yang mengenali semua elemen didalam kegiatan operasional. SEALs bekerja dalam unit-unit kecil, sering satu atau dua orang saja, namun kadang-kadang mereka menerjunkan satu peleton pasukan. Mereka dilatih untuk menjalankan tugas spesifik dalam kondisi dan lingkungan yang tidak bersahabat, dan meyediakan pertempuran di segala medan. Latihan Prajurit SEAL bertempat di gurun pasir, hutan, dan di tempat-tempat yang bersuhu panas / dingin, dan di wilayah urban (perkotaan). Latihan Prajurit SEAL memfokuskan pada jenis-jenis beragam dari pelatihan aerobik, dan juga pelatihan fisik. Bagian lain dari pelatihan juga dimasukkan, seperti; berenang dan berlari. Dan harus berlari sejauh 2 hingga 4 mil atau berenang dengan menggunakan pakaian dan beban yang berat. Jika ingin menjadi Pasukan Khusus ini, anda harus mencapai semua kriteria dan kemampuan yang diperlukan, untuk mencapai kebugaran fisik yang prima, dan itu tidaklah mudah.

Persyaratan dan Ketentuan
  1. Menjadi Prajurit Aktif Angkatan Laut AS
  2. Lelaki (Perempuan tidak diijinkan menjadi Navy SEAL)
  3. Berumur 28 tahun atau lebih muda (walaupun 29 dan 30 tahun masih diterima)
  4. Memiliki penglihatan mata yang baik
  5. Warga Negara Amerika Serikat
  6. Lolos dari ASVAB (the Armed Services Vocantional Aptitude Battery)
  7. Melewati latihan fisik untuk prosedur sebagai berikut;
  • Berenang 500 yard dalam 12,5 menit
  • Push up 42 kali kurang dari 2 menit
  • Mampu 50 kali Sit up kurang dari 2 menit
  • Melakukan pull up
  • Berlari sejauh 1,5 mil dengan sepatu dan celana panjang kurang dari 11 menit

Pelatihan Prajurit SEAL adalah pendidikan yang keras dan ekstrem. Para siswa akan dilatih selama 30 bulan, untuk benar-benar siap untuk ditempatkan di medan sesungguhnya. Pasukan Khusus SEAL adalah pasukan penanganan darurat yang menangani banyak tugas operasi yang dapat mereka jalankan di segala medan, termasuk menyelam, pertarungan bawah air, navigasi, pemusnahan, pertarungan tempur, dan terbang parasut. Pendidikan menekan mereka hingga batas maksimum ketahanan mental dan fisik, agar menjadikan mereka menjadi Prajurit yang sempurna dan mampu menyelesaikan misi-misi yang sulit.
Dari hari ke hari selama masa pendidikan, Instruktur mengajarkan kepada mereka arti pentingnya kerjasama tim, tidak berfokus pada individu. Mereka diajarkan lebih, mengapa kerjasama tim itu penting??, karena Prajurit SEAL menjalankan tugas yang tidak mungkin diemban oleh hanya satu orang, melainkan oleh kerjasama tim yang kompak. Kesuksesan mereka tergantung pada apa yang dapat mereka lakukan bersama-sama sebagai satu kesatuan tim.
  

Para calon siswa harus menyelesaikan lari sejauh 5 mil keatas bukit setelah menyelesaikan pelatihan instruksi pertarungan jarak dekat 7 hari sebelumnya. Instruktur mengajarkan siswa keahlian yang akan dibutuhkan untuk membersihkan sebuah rumah dari ancaman yang mungkin terjadi. Setelah menyelesaikan Basic Underwater Demolition/SEAL, siswa kembali dilatih untuk pelatihan 15 minggu mempelajari keahlian penugasan untuk menjadi peleton SEAL.


Latihan lainnya adalah penyiksaan menyelam, juga disebut “Kondisi Air Dingin”. Temperatur air biasanya sekitar 65 derajat Fahrenheit (18 C), dan tidak pernah temperaturnya naik menjadi 68 Derajat F (20 C). Setelah itu, instruktur menyuruh mereka untuk berlari sejauh 1 mil dan sisanya berlari di pantai dengan pakaian basah mereka. Lalu, mereka akan disuruh lagi untuk menyelam.

Perkembangan sudah semakin terlihat disepanjang Pelatihan minggu neraka (Hell Week). Tim (kru boat) mengangkat dan membawa boat mereka, diatas kepala mereka. Latihan perhitungan waktu, berlari, merayap diatas lumpur basah, dilakukan selama 5 setengah hari. Banyak calon siswa yang gagal disepanjang minggu neraka tersebut. Pada saat misi, Prajurit SEAL harus mampu beroperasi secara efisien, tidak mengenal perubahan suhu dan temperatur medan ataupun kenyamanan fisik mereka.

Latihan terakhir ini membutuhkan waktu 3 minggu dan dilanjutkan dengan Latihan Kualifikasi SEAL untuk 15 minggu kedepan, latihan dilanjutkan untuk mengingkatkan kemampuan dasar dan untuk mempelajari taktik dan teknik baru yang dibutuhkan untuk menjadi peleton SEAL.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Popular Posts