Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Selasa, 16 Mei 2023

DANDIM 1306/KOTA PALU DAMPINGI DANREM 132/TADULAKO LAKSANAKAN KEGIATAN PUNCAK TANAM MANGROVE NASIONAL DI PANTAI BAMBA TAWAELI

 

Dandim 1306/Kota Palu Letkol Inf Endang Sumardi, S. Sos bersama Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M. Si serta Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho, Wakil Gubernur Sulteng Mamun Amir, Kapolresta Palu Kombes Pol Barliansyah melaksanakan penanaman bibit mangrove.

Penanaman tersebut dilaksanakan di Pantai Bamba, Kelurahan Mpanau, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, Senin (15/5/2023).

Kegiatan ini dalam rangka puncak penanaman mangrove Nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia yang dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo secara daring (online).

Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Toto Nurwanto mengatakan, mangrove memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir.

"Mangrove tidak hanya menjadi tempat tinggal berbagai jenis flora dan fauna, tetapi melindungi wilayah pesisir dari dampak kerusakan akibat angin kencang, gelombang pasang dan abrasi pantai," ucapnya.

Dia menambahkan, upaya penanaman Mangrove ini memiliki dampak jangka panjang yang sangat positif bagi lingkungan.

"Kita semua berperan penting sebagai agen perubahan yang berkelanjutan untuk lingkungan dengan bergotong royong kita bisa mencapai tujuan bersama dalam menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati pesisir," ujarnya.

Olehnya, kegiatan penanaman Mangrove bukan sekedar menanam, tetapi merupakan simbol komitmen kita untuk menjaga ekosistem pesisir yang sehat.

"Saya berharap kita semua menyadari pentingnya menjaga memulihkan ekosistem, mari kita jadikan penanaman mangrove ini sebagai langkah awal dalam membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya kesadaran lingkungan bagi generasi untuk masa mendatang," tuturnya.

Diketahui, penanaman Mangrove dilakukan berada di wilayah yang pernah diterjang tsunami pada tahun 2018.

Penanaman Mangrove yang diselenggarakan itu dalam rangka puncak penanaman mangrove Nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar