Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Rabu, 15 Februari 2023

Peresmian Museum senjata Tradisional Guma

Komandan Kodim 1306/Kota Palu Kolonel Inf Ari Suseno, S.Sos menghadiri acara peresmian Museum Senjata Traditional Guma oleh Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si. bertempat di Museum Guma Korem 132/Tdl, Jl. Sultan Hasanuddin Kelurahan Lolu Utara Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Rabu (14/02/2023).

Peresmian Museum senjata Tradisional Guma Korem 132/Tadulako bertujuan untuk mewujudkan dan menjaga kelestarian warisan budaya masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah sebagai tujuan studi penelitian di tempat Museum Guma agar masyarakat di Sulawesi Tengah Pada umumnya memahami tentang arti dan makna leluhur sejarah Tadulako.

Dalam sambutan Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si. mengatakan, "Pembentukan museum ini awalnya adalah pada saat kunjungan kerja Bapak Kasad pada Bulan Desember Tahun 2021, Museum Guma diawali oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A, dan beberapa bagian senjata untuk menjaga kelestarian warisan budaya masyarakat Sulawesi Tengah," Ujarnya.


Lebih lanjut, "Studi penelitian di Museum Senjata Tradisional Guma Korem 132/Tdl menjadikan tempat bagi masyarakat Sulawesi Tengah, untuk melihat senjata tradisional di Sulawesi Tengah, ada lima senjata tradisional yang pertama (Guma) ini adalah senjata tradisional yang berupa pedang kuno zaman dulu yang memiliki panjang satu meter yang mengandung makna sebagai melambangkan keberkahan seorang Kesatria, Pasak- pasak tempo, sumpit, tombak tiga mata kemudian caka lele, Jadi ada lima senjata tradisional yang di Sulawesi Tengah yang memang sudah mendunia," Imbuh Danrem 132/Tdl.

Di akhir Kegiatan ini, dilanjutkan dengan Penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita sebagai wujud peresmian Guma oleh Danrem 132/Tdl yang di dampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 132 PD XIII/Mdk Ny. Ros Toto Nurwanto dan dilanjutkan Peninjauan senjata-senjata Tradisional. 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasrem 132/Tdl Kolonel Czi Bambang Pranowo.,S.Sos.,M.A.P, Kasi Intel korem 132/Tadulako Kolonel Kav Depri Rio saransi,S.sos.M.M, Dandim 1305/Buol Tolitoli Letkol Inf Lawdewick B.K S.Sos, Dandim 1307/Poso Letkol Inf. Hasroel Tamin,SH, Dandim 1308/LB Letkol Inf Dony Gredinand, SH, M. Tr Han.,M.I.Pol, Kasdim 1311/Morowali Mayor Inf. David M. Lunta, dan Para Kasi Kasrem 132/Tdl, Para Ka/Satdisjan Jajaran Korem 132/Tdl, Danyonif 714/Sintuwu Maroso Letkol Inf Awaloeddin, S.I.P diwakili Kapten Inf Moh. Hanief Kusprasetyo STT. Han.


0 comments:

Posting Komentar