Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jumat, 12 Januari 2024

Sinergitas TNI dalam Mencegah Banjir dan Wabah Penyakit.

Wujud cinta dan peduli Lingkungan, Kodim 1306/Kota Palu hadir dalam Karya Bhakti yang di selenggarakan Korem 132/Tadulako dengan teman "TNI AD Manunggal Bersih dan Ramah Lingkungan" yang bertempat di Pasar inpres manonda, Jalan Kunduri, Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat., Jumat (12/01/24).


Dandim 1306/Kota Palu, Kolonel Inf Endang Sumardi, S.Sos., menjelaskan bahwa Karya Bhakti merupakan bagian program Bhakti TNI secara nasional. Tujuannya sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir, erosi, dan lonsor, serta pencegahan penyakit dari wabah nyamuk akibat  genangan air pada musim hujan.

Sebelum Karya Bhakti dimulai, Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.IP., M.han. menyampaikan saya mengajak kesadaran akan kebersihan, tahun 2024 ini adalah tahun kebersihan untuk Provinsi Sulteng dan harapan saya kebersihan bagian dari kehidupan kita sehari-hari, akan sadar kebersihan karena majunya sebuah kota bisa kita dilihat dari lalu lintas dan kebersihan di kota tersebut, semoga apa yg kita lakukan dalam karya bakti ini menjadi bagian dari amal ibadah.

Adapun rangkaian dalam kegiatan Karya Bhakti tersebut yaitu pembersihan saluran irigasi, pembersihan pasar inpres manonda, dan selokan yang melibatkan 400 Orang.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pembersihan dari seluruh lokasi Pasar inpres manonda yang dalam kondisi becek dan banyak sampah yang berceceran, terutama pembersihan saluran air (Drainase) yang berpotensi menjadi penyebab munculnya penyakit lingkungan hingga berdampak pada terjadinya bencana banjir.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 1306/Kota palu, Kapten Inf Eddy Riado, menjelaskan bahwa kegiatan ini tak hanya fokus pada pencegahan bencana, tetapi juga untuk melestarikan budaya gotong royong dan meningkatkan kesadaran pentingnya kebersihan lingkungan kepada seluruh masyarakat.

Kolonel Inf Endang Sumardi, S.Sos., mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Ia berharap semangat kegiatan akan terus di laksankan dan berlanjut untuk menjaga lingkungan bersih, sehat, dan bebas dari bencana alam, khususnya banjir.

0 comments:

Posting Komentar