Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Senin, 04 Mei 2020

UNIK, BABINSA KORAMIL 1306-06/BANAWA BANTU ANGKAT RUMAH WARGA KARENA SUNGAI MELUAP




Tradisi yang masih kental di masyarakat Bugis satunya adalah mengangkat rumah yang sudah jadi untuk dipindahkan dengan cara digotong secara bersama-sama, budaya yang sudah ada tersebut sampai saat ini terus dipertahankan sebagai budaya lokal yang mampu untuk menciptakan kebersamaan dan gotong royong.

Tradisi tersebut lazimnya dipimpin oleh seorang ketua adat. Tidak sembarangan memindahkan rumah, karena masyarakat Suku Bugis harus ekstra kerjasama untuk memindahkan rumah tersebut agar irama langkah kaki dapat berjalan beriringan.


Namun bagaimana jika memindahkan rumah pada saat genting dan harus segera dilakukan karena adanya bencana, uniknya hal tersebut dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 1306-06/Banawa Serda Jamaluddin dan Sertu Iwan serta Kades Toviora membantu warga melaksanakan pemindahan rumah dengan cara menggangkat rumah secara gotong royong akibat meluapnya Sungai Lariang yang merendam pemukiman Dusun 3 Desa Toviora, Kecamatan Riopakava, Kabupaten Donggala. Minggu (3/5).

Dari data terakhir yang dihimpun akibat kejadian tersebut telah mengakibatkan 35 KK di Dusun 3 terendam air, 7 unit rumah dan 1 unit bangunan sarang walet hanyut terbawa sungai.


Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai wujud Pembinaan Teritorial (Binter) yang mana manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh warga binaannya sehingga dapat menjaga Kemanunggalan TNI-Rakyat selain itu keberadaan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berada di tengah tengah masyarakat tak hanya memberi dampak positif bagi stabilitas keamanan di wilayah teritorial nya, akan tetapi juga dapat memberikan kontribusi untuk membantu kesulitan masyarakat disekelilingnya.

0 comments:

Posting Komentar