Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Selasa, 31 Oktober 2023

Berikan Pembekalan Kepada Babinsa Baru, Ini Pesan Para Pasi Kodim 1306/Kota Palu

 

Dalam Meningkatkan kinerja Kodim 1306/Kota Palu, Kodim menerima Personel Baru Sebanyak 71 Bintara dan Tamtama yang masuk di Kodim 1306/Kota palu, serta mendapatkan pembekalan dari Para Pasi Kodim 1306/Kota Palu sebelum masuk ke wilayah koramil sesuai dengan tugas masing-masing.

Pembekalan di laksakan selamam 2 hari mulai dari Pelatihan Teritorial dan materi sikap territorial, Materi tersebut menjadi yang utama karena prajurit yang berasal dari Satuan Tempur (Satpur) akan diterjunkan ke masyarakat menjadi Babinsa.

Dandim 1306/Kota Palu Mayor Inf Tomy Harjanto (Pasi Ops) dalam materinya menyampaikan bahwa menjadi Babinsa itu tidak mudah, Karena disamping mereka harus memilki sertifikat teritorial (Densuspater) Pembawaan selama di Satuan Tempur (Satpur) harus dihilangkan.

Karena masyarakat itu tidak bisa diperlakukan seperti di Satpur berinteraksi dengan masyarakat membutuhkan sikap yang baik dan senyum, itu menjadi bagian dari sikap territorial, Dengan sikap tersebut maka prajurit akan mudah menyatu dengan masyarakat.

“Sikap teritorial harus dimiliki prajurit, supaya bisa menyatu dengan masyarakat,” Mayor Inf Tomy Harjanto (Pasi Ops) , Selasa (31/10/23).


Kemudian prajurit yang baru pindah dari Batalyon dan Satpur harus membiasakan diri untuk berinteraksi dengan masyarakat Jangan sampai doktrin di batalyon tetap dibawa saat menjadi Babinsa, Karena sikap di Satpur itu jelas berbeda dengan menjadi Babinsa yang harus berhadapan dengan masyarakat.

“Kebiasaan di Satpur harus dihilangkan ketika terjun menjadi Babinsa, Karena berinteraksi dengan masyarakat membutuhkan sikap yang baik,” terang Mayor Inf Tomy Harjanto (Pasi Ops).

Menurut Kapten Inf I Wayan Sudana di Batalyon dan Koramil Setiap kesatuan memiliki cara tersendiri untuk melatih anggotanya. Tetapi apabila terjun menjadi Babinsa pelatihanya pun berbeda dengan yang ada di kesatuan lain. Karena menjadi Babinsa akan lebih condong kepada masyarakat.

“Namanya juga Bintara Pembina Desa (Babinsa) jadi apapun yang terjadi, anggota harus bisa akrab dengan masyarakat di wilayah mereka bertugas,” tandasnya.


0 comments:

Posting Komentar