Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kamis, 02 April 2020

KODIM 1306/DONGGALA GELAR BAKTI KEMANUSIAAN DONOR DARAH DI MASA PANDEMI COVID-19




Wabah virus corona yang terjadi saat ini cukup berdampak besar pada setiap aspek, termasuk pada fasilitas kesehatan. Salah satunya adalah berdampak pada stok darah yang berkurang secara drastis karena semakin berkurangnya kegiatan donor darah saat pandemi ini.

Sehubungan dengan adanya imbauan dari pemerintah untuk mengurangi aktivitas berkumpul ramai dan mengisolasi diri di rumah telah membuat kegiatan donor darah mulai berkurang. Hal ini pun lantas membuat pasokan darah yang ada menjadi semakin berkurang. Apalagi menurut laporan dari beberapa media, stok darah di beberapa wilayah di Indonesia semakin menipis di masa wabah virus corona saat ini.

Namun donor darah tetap diperlukan untuk kebutuhan kesehatan lain seperti bagi penderita, operasi jantung, kebutuhan trombosit pada pasien kanker dan lainnya. Oleh karena itu, donor darah merupakan hal yang sangat penting dan akan tetap dibutuhkan, meskipun sedang terjadi pandemi.


Kodim 1306/Donggala menyelenggarakan kegiatan Bakti Kemanusiaan Donor Darah dimasa pandemi covid-19 bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palu di Makodim 1306/Donggala Jl. Balai Kota Selatan, Kota Palu. Kamis (02/04).

Komandan Kodim (Dandim) 1306/Donggala Kolonel Inf Widya Prastyo N. S.Pd yang turut memantau kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah yang diselenggarakan Kodim kali ini bertujuan untuk membantu PMI Kota Palu dalam penyediaan darah.

Mengantisipasi, imbas dari kebijakan social distancing stok darah di PMI mulai menipis. Sementara di sisi lain, kebutuhan masyarakat akan darah masih cukup tinggi. “Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan untuk membantu PMI,” ujar Dandim

Dandim juga menambahkan, “Kegiatan donor darah yang kita laksanakan ini sebagai bagian dari perjuangan serta bentuk kepedulian ditengah pandemi Covid-19 namun dalam pelaksanaan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti tidak berkerumun, menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya dan mengatur waktu secara bergantian,” tambahnya.

0 comments:

Posting Komentar