Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Selasa, 17 Maret 2020

BABINSA LAKSANAKAN ANJANGSANA TEMUI KETUA SANGGA LEMUSA



Selasa (17/03/2020), Pentingnya peran serta Babinsa dalam pemberdayaan wilayah, tidak lepas dari kemampuan pengetahuan Babinsa untuk menguasai dan memahami adat istiadat di suatu wilayah binaanya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1306-08/Parigi Koptu I Wayan Koro Wijaya yang melaksanakan anjangsana di rumah adat “Sangga Lemusa” Desa Lemusa, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dengan tujuan untuk menggali tentang budaya dan adat istiadat wilayah yang harus tetap terpelihara serta dilestarikan oleh generasi muda.


Dalam kegiatan tersebut, Ketua Sangga Lemusa Bapak Anto sangat menyambut baik kehadiran Babinsa tersebut, dan memberikan penjelasan secara menyeluruh terkait Rumah Sangga Lemusa dibentuk berdasarkan gabungan pemuda pemudi dari berbagai Suku, Ras, agama yang ada diwilayah Desa Lemusa. Pemuda pemudi yang tergabung dalam organisasi Rumah Sangga Lemusa mengutamakan kekeluargaan, saling menjaga diantara sesama umat dan memberi kenyaman umat dalam melaksanaka ibadah.


Pentingnya penjelasan tersebut dijadikan sebagai bahan data oleh Aparat Teritorial khususnya Babinsa untuk senantiasa mematuhi dan menghormati adat istiadat yang berlaku di wilayah binaan dan mengikuti norma-norma budaya yang sudah menjadi kebiasaan warga binaan serta dukungan Babinsa turut serta melestarikan budaya dan adat istiadat setempat karena seiring dengan perkembangnya zaman, budaya daerah yang tergerus oleh maraknya budaya luar yang secara tidak langsung merusak tatanan kehidupan generasi muda di wilayah binaan.


Searah dengan hal tersebut, Plh. Danramil 1306-08/Parigi Pelda Nyoman Arnaya telah memberikan penekanan kepada seluruh Babinsa di wilayah agar senantiasa bersosialisasi dengan tokoh masyarakat khususnya tokoh adat agar dapat menyatu dengan budaya masyarakat setempat sehingga Babinsa dapat menjadi teladan di tengah lingkungan masyarakat dalam membangun wilayahnya dengan bermodalkan pemahaman adat istiadat yang baik untuk menjadi pedoman tugas bersama warga binaan.




0 comments:

Posting Komentar