Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kamis, 05 Maret 2020

PEMBINAAN KOMSOS SEBAGAI SARANA CEGAH TANGKAL RADIKALISME/SEPARATISME




Perkembangan situasi nasional, global dan internasional telah membawa dampak meningkatnya paham radikal di wilayah Indonesia. Dihadapkan dengan kondisi sosial masyarakat Indonesia yang memiliki latar belakang suku, agama, ras serta budaya yang berbeda dan pesatnya perkembangan teknologi digital memungkinkan tumbuh kembangnya paham radikal bahkan sampai menjadi tindakan/aksi terorisme secara nyata di wilayah Indonesia.

Mengantisipasi dan mencegah terhadap muncul atau masuknya paham radikalisme/separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat saat ini, Kodim 1306/Donggala menggelar kegiatan Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme Tahun 2020. Kamis (5/3).


Kegiatan tersebut digelar dengan tema “Merawat Kebhinekaan Untuk Tangkal Radikalisme/Separatisme Dalam Bingkai NKRI” dilaksanakan di Aula Sudirman Makodim 1306/Donggala Jalan Balai Kota Selatan No.2, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Komandan Kodim (Dandim) 1306/Donggala, Kolonel Inf Widya Prastyo N. S.Pd dalam sambutannya menyampaikan “Wujud ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bergantung pada terwujudnya kesadaran tentang pentingnya kerjasama antar segenap komponen bangsa dalam pemahaman bahaya Radikalisme/Separatisme.


Terwujudnya kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya Radikalisme/Separatisme sangat bergantung pada kerja sama antara TNI AD dengan segenap komponen bangsa dalam rangka mempertahankan ideologi Pancasila melalui peningkatan pemahaman Wawasan Kebangsaan Bela Negara dan Keagamaan serta Kewirausahaan demi menjaga keutuhan NKRI sehingga terbentuknya kepribadian dan jiwa kebhinnekaan serta nasionalisme,” jelasnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 1306/Donggala, Mayor Inf Iko Power Sianipar, Kapolresta Palu diwakili Kasat Intel, AKP Syahrul Alamsyah, S.H., M.A.P, Pabung Sigi, Mayor Inf Mayor Inf Tomy Herijanto, Para Danramil jajaran Kodim 1306/Donggala, Perwakilan Kementrian Agama Kota Palu, Bapak Agustan Ahmad S.Ag, Para Babinsa, Pelajar, Mahasiswa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Budaya, Tokoh Pemuda, dan para tamu undangan lainnya.

0 comments:

Posting Komentar