Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jumat, 13 Maret 2020

KODIM 1306/DONGGALA GELAR KOMSOS KREATIF DALAM KEJUARAAN PENCAK SILAT TINGKAT PELAJAR SE KOTA PALU


Kodim 1306/Donggala menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif di Gedung Koni Kota Palu, Jln. Balai Kota, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Kamis (12/3).

Bentuk Komsos tersebut berupa Kejuaraan Pencak Silat antar Pelajar se Kota Palu yang merupakan suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara (Indonesia) dan secara luas sudah dikenal di Indonesia. Kejuaraan ini diikuti oleh para pelajar setingkat SMA atau sederajat.


Adapun tema kegiatan Komsos Kreatif tahun 2020 ini yaitu "Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif" dihadiri langsung oleh Komandan Kodim 1306/Donggala, Kolonel Inf Widya Prastyo N. S.Pd.

Menurut Dandim Komsos Kreatif ini digelar dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara Prajurit TNI AD dengan masyarakat umum, pelajar, siswa/siswi dan mahasiswa dalam rangka berpartisipasi dibidang olah raga mendukung pemerintah daerah dalam upaya pembinaan cabang olah raga Pencak Silat yang merupakan Beladiri tradisional Indonesia.


"Melalui kegiatan lomba ini kita dapat melestarikan Beladiri tradisional, mengangkat kebudayaan daerah dan kearifan lokal lainnya yang ada di wilayah Kodim 1306/Donggala khususnya Kota Palu serta memberikan wadah kepada para pelaku Pencak Silat untuk bisa mengembangkan bakatnya dibidang olah raga," demikian ungkap Dandim.

Kegiatan komunikasi sosial kreatif ini sebenarnya esensinya sudah disampaikan dalam bentuk tema yang tertulis salah satunya bagaimana melalui kegiatan ini kita bisa mencintai tanah air dan memiliki wawasan kebangsaan.


Dandim berharap, melalui kejuaraan ini, generasi muda khususnya para pelajar di wilayah Kota Palu, dapat berpartisipasi dibidang pertahanan negara dan kemajuan bangsa melalui pelestarian olah raga Tradisional, serta melalui kegiatan positif yang dapat membangun semangat belajar dan bekerja untuk mencapai sebuah prestasi sehingga melahirkan para generasi muda yang lebih unggul, sehingga negara menjadi maju serta semakin cinta dan bangga terhadap bangsa dan negaranya.

"Melalui ajang lomba ini diharapkan akan semakin mempererat hubungan antara Prajurit TNI AD, meneguhkan persatuan dan kesatuan serta semakin memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat," pungkasnya.


Kegiatan kejuaraan ditutup dengan penyerahan piala kepada para pesilat oleh Dandim 1306/Donggala.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekertaris Kota Palu Asri SH, Asisten II Kota Palu Denny Taufan, S. Sos M.Si, Asisten III Kota Palu Imran Lataha. SE MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Palu, Drs. Sumardi M.Si, Ketua Panitia Pertandingan Pencak Silat Sofyan, Para Pengurus Cabang Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Kota Palu, Para wasit dan panitia serta para tamu undangan yang hadir.


0 comments:

Posting Komentar