Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jumat, 03 November 2023

Dukung Program Pemerintah, Tni-Polri Tanam Mangrove Di Pesisir Pantai Popa

 

Dalam mewujudkan Sinergitas TNI-Polri Danramil 1306-07/Tawaeli Kapten Inf Azis Tike menghadiri Penanaman Pohon Mangrove yang di selenggarakan Polda Sulteng kegiatan penanaman pohon mangrove yang dilakukan bersama masyarakat dan instansi Kepolisian Polda Sulteng bertempat di Pantai Popa, Kelurahan Kayu Malue Pajeko, Kecamatan Palu Utara. Jumat (3/11/23).

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penanaman mangrove secara simbolis oleh Kapolda Sulteng yang di wakili Karo SDM Polda Sulteng, Kombes Pol. Yudi Kurniawan Sik. Msi. selanjut nya diikuti oleh tamu undangan lainnya.

Saat ditemui di tempat berbeda, Danramil 07 Tawaeli Kapten Inf Azis Tike mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penghijauan di wilayah pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

“Guna membendung air laut saat air pasang sehingga dapat mengurangi abrasi didaerah pesisir pantai kedepannya,” ucapnya.

Lebih lanjut Danramil katakan, selain berfungsi sebagai penghalang dan pencegah abrasi, hutan mangrove juga menjadi benteng pengaman dari ancaman bencana gelombang pasang (tsunami) dan pendukung kehidupan biota laut.

“Jangan anggap remeh tanaman bakau (Mangrove) yang berdiri di tepian pantai. Keberadaan hutan mangrove punya sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar,” katanya.

Dikesempatan itu juga Babinsa mengatakan kami dari pihak Koramil 1306-07 Tawaeli akan terus berupaya melanjutkan kegiatan ini dengan mencari tempat-tempat lain yang memungkinkan akan ditanami mangrove.

Ada pun tanaman bakau yang ditanam di Pantai Popa hari ini berjumlah 500 pohon yang bekerja sama dengan elemen masyarakat dan semua elemen di wilayah.

“Dalam kegiatan ini kami juga mengajak anak-anak sekolah dan masyarakat sambil memberikan edukasi sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan khususnya yang ada di pesisir pantai karena ini adalah tugas kita bersama,” ujar Babinsa.

Penanaman pohon mangrove manfaatnya sangat besar dapat menjaga pantai dari abrasi dan menjaga iklim karena dapat meningkatkan oksigen demi kelangsungan hidup generasi masa depan.


0 comments:

Posting Komentar