Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Senin, 11 Desember 2023

Kolonel Inf Endang Sumardi, S.Sos., (Dandim 1306/Kota Palu Ikut acara Penghargaan Kasad "Kampung Pancasila" Tahun 2023.

 

Dandim 1306/Kota Palu Kolonel Inf Endang Sumardi, S.Sos., bersama Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat menyaksikan bersama secara Live penghargaan Kasad "Kampung Pancasila" Tahun 2023 sebagai wadah kebhinekaan dan toleransi, bertempat di Aula Sudirman Makodim 1306/Kota Palu, Jalan Balai Kota Selatan, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Palu Selatan. Jumat (8/12/23).

Penghargaan Kasad Kampung Pancasila 2023 bertujuan untuk menciptakan kehidupan yang Harmonis , Damai penuh cinta dengan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa yang melandasi dalam kehidupan bersama.

Kampung Pancasila dibentuk untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat baik itu di tingkat Desa maupun di tingkat kota di 38 provinsi Se Indonesia.

Tujuan utamanya adalah mempererat persatuan dan kerukunan antara masyarakat yang beragam agama, suku, ras dan golongan.

Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno sebagai Tokoh Bangsa  dalam sambutannya menyampaikan “Kita patut bersyukur bahwa para pendiri bangsa telah meletakkan pondasi bagi tegaknya Negara kita dengan nilai-nilai luhur yang dapat mempersatukan kita semua yaitu Pancasila, telah membawa bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Rukun , Damai dan Harmonis ,yang lahir dengan beragam agama dan kepercayaan kepada Tuhan yang maha Esa ,beragam suku bangsa mampu tetap bersatu di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Karena kita memiliki Pancasila yang ada dalam diri kita dan diri setiap anak bangsa dan harus senantiasa merawat dan menghidupkan Pancasila secara nyata dalam kehidupan kita sehari-hari”

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. dalam sambutannya  menyampaikan “ mudah - mudahan kegiatan ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan peran TNI AD dalam merawat dan menjaga NKRI , karena Program "Kampung Pancasila" memang luar biasa tanggapan masyarakat dan respon yang sangat baik dari semua komponen masyarakat dan para pengelola bangsa.

Bapak KASAD juga menyampaikan  banyak perjalanan ke luar negeri di beberapa negara bahkan hampir seluruh negara banyak yang menanyakan bagaimana Negara lndonesia dalam mengelola bangsanya yang seperti ini dengan keberagaman kebhinekaan, agama , ras, suku dan sebagainya dapat hidup Rukun, Damai dan Kebersamaan menjaga Persatuan dan Kesatuan.

Itu menjadi pertanyaan yang berulang-ulang di luar negeri, banyak yang ingin belajar bagaimana  Indonesia mempunyai perbedaan yang sangat luar biasa dari segi agama, suku dan lain sebagainya sampai dengan sekarang ini masih terus bisa bersama dan yakin apa yang diwariskan pendiri bangsa akan terus kita rawat dan pelihara.

Saya selalu sampaikan bahwa investasi para pendiri bangsa inilah yang sangat luar biasa, bagaimana bisa zaman-zaman dahulu kala orang sudah berpikir kata-kata Bhinneka Tunggal Ika dan itu luar biasa, mudah-mudahan kami generasi-generasi muda harus terus merawat,harus terus meningkatkan tidak bisa ini dibiarkan begitu saja mudah-mudahan tradisi-tradisi yang kita jalankan selama ini pembelajaran dari senior-senior kita sangat berbekas di Angkatan Darat.

"Ucapan Terima kasih kepada Kepala BPIP dan Astra, mudah-mudahan nanti  dengan program -program tentang Pancasila kami siap untuk terus mendukung dan selamat pada seluruh pemenang lomba Kampung Pancasila.”

Turut hadir dalam menonton live acara tersebut Dandim 1306/Kota Palu, Para Pasi Kodim 1306/KP, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Toko Masyarakat, Rekan Para Media, dan Personel Kodim 1306/KP.


0 comments:

Posting Komentar